Selasa, 08 November 2011

Robot aka Manusia

Ada lagi satu penemuan ciptaan baru dari Jepang ini, sebuah robot yang memiliki kemampuan berfikir layaknya seperti manusia. Pasalnya seorang peneliti dari Jepang bernama Osamu Hasegawa mengklaim telah berhasil menciptakan robot yang dapat belajar dari pengalamannya dan menyelesaikan masalah. Hebat bukan?
soinn
Memang perkembangan robot sudah semakin pesat tapi untuk robot yang bisa berfikir seperti manusia itu masih menjadi hambatan bagi para robotik. Karena umumnya sebuah robot yang biasanya diciptakan hanya bisa melakukan tugas-tugas tertentu yang sudah ditentukan dengan sebuah bahasa pemrograman. Jadi dengan adanya robot yang dikendalikan dengan bahasa pemrograman itu tidak terlalu bermanfaat kehadirannya. Dan digunakanlah SOINN (Self Organising Incremental Neural Network) yakni sebuah algoritma yang memungkinkan robot untuk belajar dari pengalamannya.
robot ini sudah dikenalkan dengan beberapa tugas seperti menuang teh, memegang botol, meletakkan cangkir dan lain-lain. Dengan pengenalan ini robot ini akan dapat melakukan tugas yang sama di lain waktu. Dan kabar terbaru mengatakan jika Osamu dan tim nya sedang mengembangkan metode agar robot ini dapat belajar melalui jaringan internet. Dia berharap akan ada sebuah robot yang dapat berpikir dan terkoneksi langsung dengan internet.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar